Kamis, 26 September 2013

Kegiatan P2KK (Ibnu Khaldun)



P2KK
Ibnu Khaldun shift 1
P2KK (Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan) adalah suatu kegiatan yang diadakan oleh Universitas Muhamadiyah Malang dan wajib diikuti oleh mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari dengan tujuan untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa di dunia perguruan tinggi, serta membuka wawasan akan pentingnya mengubah kepribadian dan kepemimpinan untuk memperdalam nilai ke islaman dan ibadah dengan baik.
Materi yang diberikan di P2KK ini erat kaitannya dengan persoalan akademis, psikologis, sosial dan keagamaan. Alasannya agar dapat membantu mahasiswa baru untuk dapat memperoleh prestasi yang lebih optimal dalam belajar mengembangkan potensi dan menghadapi kehidupan serta mendapatkan bekal teori dan praktek untuk membentuk mahasiswa menjadi pribadi yang aktif, kreatif, dan spiritual dalam membangun masa depan bangsa.
Kegiatan ini juga mengajarkan tentang kekompakan dan kerjasama dalam suatu team untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Kegiatan
Kegiatan P2KK angkatan 1 dimulai pada tgl 27 Mei 2013 sampai 1 Juni 2013
  • Hari 1
Hari pertama ini diawali dengan registrasi, dimana hal ini bertujuan untuk pengecekan mahasiswa/mahasiswi yang telah terdaftar sebagai mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang, yang pada umumnya diwajibkan untuk mengikuti kegiatan P2KK.
Selanjutnya sekitar pukul 08.00 kegiatan pertama dimulai dengan pembukaan yang diadakan di hall rusunawa 2 dan diikuti oleh seluruh peserta  P2KK gelombang pertama. Dengan diadakan pembukaan yang dipimpin oleh ketua rektor Universitas Muhammadiyah Malang maka  acara ini resmi diselenggarakan bagi para PESMABA. Selanjutnya para PESMABA diperkenankan untuk masuk ke dalam kelas yang sudah di bagi.
ü  Masuk kelas IBNU KHALDUN
Materi pertama yang di berikan adalah Pengenalan Potensi Diri (Self Awereness) dan Penetapan Tujuan (Goal Setting ). Pengenalan diri sangat diperlukan dalam pengembangan potensi- potensi yang positif serta meminimalisasikan potensi-potensi yang negatif. Tugas yang diberikan adalah mengisi lembar kerja “BERBURU TEMAN” dimana tugas ini sangat menarik karena bertujuan untuk mengenal seseorang yang baru kita kenal yang memiliki beberapa kesamaan dengan kita. Lembar kerja selanjutnya pengisian WHO AM I” lembar kerja ini sangat membantu kita dalam mengenali sifat yang ada pada diri kita baik yang terlihat maupun tidak.
Untuk selanjutnya pelaksanaan Sholat Dhuhur yang wajib dijalankan bagi kita pemeluk agama islam dan pemberian waktu selama 1 jam sebagai jam makan siang. Setelah terselesainya rutinitas tersebut, dilanjutkannya kegiatan mengisi lembar kerja kembali, dalam hal ini adalah “IMPIAN PILIHANKU”, dan  “HERARKI IMPIANKU” dengan kata lain dalam lembar kerja ini kita diberi kebebasan untuk mengisi 10 impian kita dan bagaimana cara mewujudkan impian tersebut.
Hal yang selanjutnya haram untuk ditinggalkan adalah Sholat Ashar dan kultum yang disampaikan oleh PESMABA perempuan maupun laki-laki yang untuk setiap harinya dilakukan secara bergantian. Dilanjutkan kegiatan berikutnya yaitu mengisi lembar kerja “MY DAILY SCHEDULE” dan “MY DAILY SCHEDULE ANALYSIS” pada lembar kerja ini kita dapat menuliskan jadwal harian kita agar bisa lebih menghargai waktu.
Selajutnya istiraha plus bersih diri, Sholat Maghib beserta kultum, makan malam dan diikuti Sholat Isya’ beserta kultum.
Tepat pukul 19.30  pemberian materi ibadah yang bertemakan Thaharah (Bersuci) dimulai dan kemudian diakhiri tepat pukul 21.30.

  • Hari ke-2
Dimulai setelah bangun tidur pukul 02.30 untuk persiapan Sholat malam, dilanjutkan Qiyamul Lail serta Sholat Subuh dan “Tadabur ayat (Tujuan Penciptaan Manusia)”. Untuk menjadikan tubuh sehat jasmani maupun rohani pada pukul 05.00 dilaksanakan olahraga bersama untuk semua PESMABA.
Setelah berakhirnya semua kegiatan di atas, kami para PESMABA diberi sedikit banyak waktu untuk beristirahat, bersih diri, sekaligus makan pagi. Waktu 1 jam juga diberikan pada kami sebagai persiapan kelas untuk dilaksanakannya ikar mahasiswa yang memang wajib dilakukan sebagai mahasiswa baru setiap tahunnya.
Seperti hari sebelumnya pemberian wawasan dalam membentuk kepribadian diri diberikan. Berbeda dengan hari sebelumnya tema kegiatan pada hari ke-2 ini adalah “Leadership  Skills”. Dimana Leadership Skills ini di bagi menjadi empat kategori dalam pembahasan yang berbeda-beda. “Leadership Skills 1” memberi pembahasan tentang  “Manajemen Stress” dalam kegiatan ini, kita diharuskan untuk membentuk 7 hingga 8 kelompok. Pada kegiatan ini telah tersedia wacanan yang terdiri dari beberapa paragrapf dengan judul “STRESS”. Dimana kita diberi anjuran untuk mendiskusikan wacana tersebut dan diperintahkan untuk mengisi sebuah kolom yang telah tersedia dalam lembar kerja.
Untuk mempertebal iman kita agar selalu dekat dengan Allah SWT, tidak ketinggalan pula kita diajarkan untuk mengerjakan Sholat Dhuha  dalam setiap kesempatan dan dilanjutkan dengan jam istirahat. Setengah jam telah berlalu, untuk menggajarkan kita agar dapat disiplin waktu ”Leadership Skills 2” pun diberikan dengan materi pembahasan ‘’Manajemen Konflik dan Pengambilan Keputusan” . Leadership Skills 2 ini memberikan kesan berbeda dari Leadership Skills 1 karena keseluruhan dari materinya diberikan dalam bentuk “games”, sehingga dapat menghilangkan sedikit kepenatan sekaligus dapat menjadikan hiburan bagi kita para PESMABA. Cukup puas dengan pemberian Leadership Skills 2 seperti yang sebelum-sebelumnya kita diberikan banyak waktu untuk Sholat Dhuhur, kultum sekaligus waktu untuk mengisi perut kita.
Ledership Skills selanjutnya adalah “Leadership Skills 3”, pada hal ini kita dibagi menjadi empat kelompok yang terdiri atas dua kelompok perempuan dan dua kelompok laki-laki. Pada setiap kelompoknya diberikan satu lembar kertas yang berisi wacana dan disertai beberapa buah pertanyaan. Dimana setiap kelompoknya di wajibkan untuk mendiskusikan pertanyaan dalam wacana tersebut, yang untuk selanjutnya dipresentasikan kepada kelompok yang lainnya. Dalam hal ini setiap kelompok berhak untuk memberikan sanggahan maupun tanggapan.
Mengerjakan Sholat Ashar sekaligus kultum adalah rutinitas yang harus dijalankan setiap sorenya, tepat pukul 14.30 hingga 15.00. “Leadership Skills 4’’ adalah Leadership Skills terakhir dari deretan Leadership Skills sebelumnya dengan tema “Kemampuan Negoisasi” dimana kita dibagi atas 5 kelompok dengan beranggotakan 7 atau 8 orang.Yang setiap orangnya memiliki tugas yang berbeda sesuai dengan apa  yang ditentukan oleh kontrainer. Disini tiap kelompoknya akan diberi tema dan tugas yang bebeda, hal tersebut bertujuan agar kita dapat memiliki sikap bernegoisasi antar satu sama lain atau biasanya sering kita kenal dengan istilah tawar-menawar. Suatu wacana telah tersedia untuk kita membacanya dalam lembar kerja. Setiap kelompok di haruskan membuat suatu proposal sesuai dengan tema yang telah di tentukan.
Sudah menjadi kebiasaan yang tidak asing lagi bila setiap sorenya pukul 16.30 para PESMABA diberi waktu untuk istirahat sekaligus bersih diri yang dilanjutkan dengan menunaikan Sholat Maghrib. Hal yang tidak boleh untuk kita lupa yaitu kebiasaan mendengarkan kultum yang disampaikan oleh salah satu mahasisiwa yang bertugas.
Setiap harinya kita para PESMABA akan di beri materi ibadah yang berbeda-beda. Dan untuk dihari ke-2 ini materi ibadah yang disampaikan sangat erat kaitannya dengan ”Sholat Wajib” yang disampaikan oleh Ustadz  yang telah berpenggalaman di dalamnya, sebut saja beliau Ustadz Hamzah.
Tepat pukul 22.00 sederet rangkaian kegiatan di hari ke-2 ini resmi untuk di sudahi. Para PESMABA pun  diperkenankan untuk ber istirahat malam.

  • Hari ke-3
Dihari ini rutinitas kegiatan yang dijalani tidak jauh beda dengan kegiata dihari-hari sebelumnya, yang menjadi pembeda disini hanyalah materi yang diberikan. Sama halnya dengan hari ke-2, di hari ke-3 ini juga diawali dari jam dan kegiatan yang sama. Namun pemberian Taddabur Ayat pada hari ke-3 ini memiliki tema yang tidak sama dari hari sebelumnya, pada Taddabur Ayat kali ini mengangakat tema “Do’a sebagai Ibadah”.
Materi pada hari ini tidak seperti hari-hari sebelumnya, khusus  untuk hari ini materi yang diberikan mengangkat tema tentang “ke-Islaman”. Materi ke-Islaman ini dibagi atas 4 kategori. Diawali dari kategori ke-Islaman 1 yang  bertemakan “The Golden Way Of  Life” disini kita akan mengenal apa arti islam yang sebenarnya. Selanjutnya kategori  ke-Islaman yang ke-2 yaitu “Jalan Lurus Kehidupan” dimana kita diajarkan untuk memilih jalan yang lurus dan benar untuk mencapai keinginan atau tujuan hidup kita di dunia ini. Materi yang ke-3 “Faktor Penyebab Kegagalan Hidup” dalam materi ini kita diberi selembar kertas yang berisikan wacanan dimana kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam wacanan tersebut yang berkaitan dengan kesalahan atau perbuatan yang pernah kita lakukan. Kategori materi yang terakhir yaitu “Taubat, Merubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan” dijelaskan bahwa setiap manusia memiliki hak menuju kejalan yang lebih baik lagi. Dengan mengibaratkan Air  yang keruh jika ditambah air bersih lama kelamaan air keruh tersebut akan terangkat ke atas hingga tumpah dan akan tergantikan oleh air yang lebih bersih, sama halnya dengan manusia yang tidak akan pernah mengenal  kata terlambat untuk bertaubat dan kembali kejalan Allah SWT.
Agar PESMABA tidak merasa terbebani dengan adanya kegiatan yang bisa dikatakan cukup padat, di setiap kegiatannya akan diselingi dengan berbagai games yang dipimpin oleh trainer-trainer. Hal tersebut di harapkan dapat menjadikan hiburan agar dapat menghilangkan rasa jenuh dalam semua rutinitas.
Materi ibadah tepat pada  hari ke-3 ini, tentunya bertemakan sesuatu yang berbeda pula “Sholat Dalam Berbagai Keadaan”  tema ini diambil agar setiap muslim tetap mampu menjalankan kewajibannya yaitu sholat meskipun dalam keadaan sakit maupun dalam perjalanan sekalipun. Serta diajarkan bagaimana cara bertayamum, dalam hal ini adalah pengganti wudhu jika seandainya kita dalam keadaan terdesak  jauh dari sumber mata air. Dihari yang ke-3 ini berbeda dari hari-hari sebelumnya, dimana “Placement Test“ kali ini digunakan untuk menentukan kelas dalam IK yang nantinya akan menentukan berhak atau tidaknya kita masuk dalam kelas Mubtadiah (Dasar), Mutawassithah (Menengah) ataupun Mutaqaddimah (tinngi).

  • Hari ke-4
Seperti halnya dengan hari-hari sebelumnya dimana semua kegiatan akan diawali mulai dari jam 02.30 dengan kegiatan yang sama pula. Hanya saja materi yang disampaikan lebih berbeda dari yang sebelumnya. Di hari yang ke-4 ini Taddabur Ayat yang disampaikan bertemakan “Adab Menuntut Ilmu”.
Sedangkan materi yang diusung  pada hari ke-4 bertemakan “Materi Budaya Perguruan Tinggi” yang dibedakan atas 2 bagian. Untuk yang pertama “Pergaulan Sehat dan Islami” dalam materi ini kita dipertontonkan sebuah video yang di dalamnya mempertunjukan perilaku kebanyakan remaja di zaman modern tentang adanya pergaulan bebas, yang tentunya cenderung membawa seseorang pada hal-hal yang berbau negatif. Selain membawa hidup kita pada yang namanya kehancuran, juga akan membuat kita kehilangan masa depan kita terlebih lagi bila kita telah mengenal apa itu narkoba dan free sex.Dalam hal ini kita di tekankan untuk saling berkelompok dan membuat suatu gambaran sesuai dengan pengarahan yang diberikan oleh kontrainer tersebut. Bagian yang ke-2 yaitu “Menjadi Mahasiswa Prestatif” pada materi kali ini kita diperintahkan  mengerjakan lembar kerja “ARITHMATIC TEST” dimana kita diharuskan  menjawab sekitar 40 soal-soal yang telah tersedia dengan mengganti tanda perkalian dengan penambahan dan tanda pengurangan dengan pembagian. Dilanjutkan dengan mengerjakan “NUMBER GAME”  atau kita bisa mengartikannya sebagai permainan angka. Merupakan sesuatu yang sangat baru bagi kita karena dengan adanya ”Number Game” ini sangat membantu kita dalam melatih kecepatan dalam mengurutkan suatu  angka. Otomatis dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan kesan teliti pada diri kita.
Dihari yang sama pula, kita mendapatkan intruksi untuk berkumpul di suatu halaman yang biasanya kita kenal dengan “hall Rusunawa 2”. Di tempat inilah kita para PESMABA dikenalkan dengan “Diskusi Interdisplioner”  dimana keseluruhan tema yang diambil adalah “Perbatasan Negara Indonesia dengan Negara Tetangga”. Diskusi yang dilakukan antar kelas ini, nantinya setiap kelas wajib mempresentasikan hasil diskusi yang telah disepakati. Dan untuk kelas yang lainnya berkesempatan untuk memberikan tanggapan ataupun sanggahan yang sebelumnya telah disepakati terlebih dahulu oleh teman satu kelas. Dan untuk hari  ke-4 materi yang berbeda pula juga diberikan, yaitu “Materi Keputrian” didalamnya akan di jelaskan secara detail tentang bagaiman kita dapat menjadi seorang istri, atau perempuan yang baik dalam menjalankan kodratnya dengan cara menutup aurat.
Untuk materi ibadahnya sendiri bertemakan “Sholat Sunnah (Tathawwu)” yang berarti jika kita mengerjakan sholat tersebut akan mendapat pahala dan meskipun kita sengaja untuk meninggalkannya, tentu saja kita tidak akan mendapat dosa. Dan untuk waktu penggerjaannya  sendiri biasanya dikerjakan sebelum sholat 5 waktu.

  • Hari ke-5
Meskipun sama dengan hari-hari sebelumnya, semua kegiatan yang di lakukan di hari ke-5 ini tentunya tidak akan membuat kita para PESMABA menjadi jenuh ataupun bermalas-malasan untuk melakukan kegiatan.Yang menjadi perbedaan di hari ke-5 ini, karena kegiatan  diawali dengan mengerjakan sholat malam agar kita kian dekat dengan Allah SWT. Dan dilanjutkan dengan Taddabur Ayat yang bertemakan “Ciri-ciri Orang Mukmin”
Materi-materi yang disampaikan di hari ke-5 ini cukup menarik dengan adanya games yang diberikan, hal tersebut bertujuan agar kita tetap fokus  dan tidak gampang merasakan rasa jenuh ketika kegiatan berlangsung. Penyampaian materi pada hari ke-5 ini bertemakan “Academic Skills” dimana akan dibagi atas 4 kategori. Kategori pertama yaitu “Ketrampilan Membaca” sama halnya dengan yang sebelumnya disini kita juga dibentuk beberapa kelompok yang  beranggotakan 7/8 orang. Disini  kita diberikan  selembar kertas, yang dimana kita wajib disuruh melakukan apa yang diperintahkan dalam bacaan tersebut, dengan syarat kita harus teliti dan memahami maksud dari perintah tersebut. Selanjutnya kita dianjurkan untuk membaca bacaan secara intensif yang terdapat pada lembar kerja berikutnya yaitu “UNTUK  MAJU KITA HARUS MELIHAT KEDEPAN” terdapat pula beberapa pertanyaan pada lembar baliknya, yang keseluruhan dari pertanyaan tersebut diharapkan kita dapat menjawabnya. Untuk selanjutnya adalah Acedemic Skills yang ke-2 yaitu “Ketrampilan Menulis” pada tema Acedemic Skills ini kita di tekankan untuk bisa menjelaskan tentang tugas yang diberikan dengan tema POLITIK. Tak pernah ketinggalan pula games yang terdiri dari 7 atau 8 orang disetiap kelompoknya. Khusus pada games ini kita di arahkan untuk berbaris dan membuat suatu puisi dengan cara disalur-salurkan kedepan dengan masing-masing anggota kelompoknya yang untuk selanjutnya akan dibacakan di depan kelas.
 Academic skills yang ke-3 yaitu “Ketrampilan Diskusi” untuk kelompok saya sendiri bertugas mendiskusikan sesuatu yang bertemakan “Manajemen Waktu”. Selanjutnya materi yang terakhir yaitu “Ketrampilan Presentasi” disini akan terlihat kreativitas presentasi masing-masing kelompok sesuai dengan tugas yang telah di diskusikan sebelumnya. Dengan adanya metode pembelajaran yang demikian, tentunya akan memberi kebiasan bagi PESMABA agar dapat membiasakan diri untuk berani berpendapat di muka orang  banyak.
Di hari ke-5 ini materi ibadah yang diusung adalah “Merawat Jenazah” sesuai dengan temanya, tentunya materi ini berisikan cara-cara memandikan, mengafani, dan menyolatkan jenazah yang dijelaskan secara terperinci. Setelah materi selesai untuk disampaikan, kita diberikan kesempatan waktu untuk belajar mengafani dan menyolatkan jenazah. Dengan demikian, paling tidak kita telah memiliki sedikit gambaran tentang tata cara merawat jenazah yang benar. Sedikit berbeda dengan hari-hari sebelumnya pada malam ke-5 ini kita diberi ujian materi yang akan menentukan lulus atau tidaknya kita dalam kegiatan P2KK yang telah kita lakukan dalam beberapa hari terakhir  ini.

  • Hari ke-6
Hari ke-6 ini merupakan hari terakhir untuk kita para PESMABA dalam menjalani seluruh rangkaian kegiatan yang telah terjadwal. Sama dengan 5 hari sebelumnya, kegiatan di hari ke-6 ini juga diawali mulai dari pukul 02.30 untuk mengerjakan sholat malam, qiyamul lail dan sholat subuh. Karena merupakan hari terakhir , tentunya di hari ke-6 ini memiliki sedikit perbedaan dari hari-hari sebelumnya. Dimana dihari ini setelah terlaksananya  sholat subuh akan diadakannya ujian praktek yang meliputi ujian wudhu, tayamum, sholat subuh, dan sholat jenazah. Setelah terselesainya semua ujian praktek para PESMABA diberi waktu untuk mempersiapkan diri dalam Outbond di Hall. Sebagai pembukaannya diadakan lomban yel-yel antar kelas, yang selanjutnya disusul dengan“Outbond Training”  yang dimana telah tersedianya 3 games, disinila kita dilatih dalam hal kekompakan dan kerjasama yang baik antar kelompok.  Setelah semua games terselesaikan para PESMABA diijinkan sekaligus diberi waktu untuk bersih diri , sholat dhuhur dan makan siang. Setelah semua kegiatan diatas selesai, maka dilaksanakanlah acara penutupan yang langsung ditutup oleh wakil rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Sebagai pelengkapnya, akhir dari kegiatan ini adalah penyerahan piagam untuk  mahasiswa terbaik dan pemenang yel-yel serta games.
Untuk yel-yel dimenangkan oleh IBNU KHALDUN yang merupakan kelas saya sendiri dan kategori games dimenagkan oleh IBNU SINA. Sebagai tanda telah usainya kegiatan P2KK ini para PESMABA diperkenankan masuk kekelas masing-masing untuk menerima sertifikat kelulusan P2KK. Serta diperkenankan untuk langsung meninggalkan RUSUNAWA 2.

1 komentar:

  1. 7 Permainan Dalam 1 User ID INDOKARTU

    Selamat beraktivitas bagi anda semua pengemar game poker online. Disini kami Indokartu memberitahukan bahwa kami menyediakan 7 game yang berbeda yang bisa anda nikmati dalam 1 user ID saja yaitu :
    - Poker
    - Domino
    - Came
    - Came Keliling
    - Capsa
    - Super10
    - Omaha
    Jadi tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami bosku. Kontak kami :
    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu
    atau langsung di Livechat Indokartu

    AGEN JUDI POKER

    BalasHapus