Selasa, 29 Oktober 2013

Mail Merge pada Ms. Word



Pengertian Mail Merge adalah sebuah aplikasi surat menyurat yang disediakan oleh aplikasi untuk menulis di dalam komputer seperti Microsoft Word, yang memungkinkan penggunanya untuk membuat banyak surat dengan format dan isi yang sama dengan cepat.

Untuk membuat Mail Marge kita dapat membuat pada Microsoft Word. Kita dapat mengambil contoh dalam pembuatan sebuah undangan.

Pertama-tama kita harus membuat data terlebih dahulu di microsoft excel. Kemudian jika kita mendapat masalah saat pengetikan angka ( NIM ) maka kita harus mengubah angka pada kolom tersebut dengan cara block terlebih dahulu  kkolom yangn berisi angka, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih format cell kemudian pilih number maka format angkanya akan berubah seperti seharusnya.

seperti ini tampilan data excel yang sudah benar




Contoh Penerapan Penggunaan Mail Merge pada Microsoft Word :
Pertama-tama kita harus membuat surat undangan. Surat undangan yang kita pilih terserah kita ada  surat undangan pernikahan , surat undangan ulang tahun , party dan lain-lain. Pada contoh penerapan penggunaan mail merge kali ini surat undangan bulang tahun.
Berikut langkah-langkah pembuatan mail merge : 
  1. Pada menu ribbons klik menu Mailings
  2. Kemudian pilih Start Mail Merge dan pilih normal word documents
  3. Setelah itu klik menu Select Recipiens dan piluh use existing list
  4. Kemudian pilih tempat data excel yang berisi nama undangan yang disimpan
  5. Kemudian akan mucul select table klik ok
  6. Pilih menu Edit Recipiens List pada menu Mailings dan klik ok
  7. Pada menu Mailings pilih Insert Merge Field dan pilih nama atau nim
  8. Kemudian Preview Result pada menu Mailings dan pilih nama siapa yang akan ditampilkan pada undangan yang kita tunjukan. 
  9. Pilih next pada kolom disamping Preview Result jika kita ingin mengubah nama


 contoh undangan yang menggunakan mail merge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar